Mr H St Moh Rasjid Perintis Kemerdekaan

● Harga: Rp. 60.000
● Rabat: 20 %
● Oleh: Marah Joenoes
● Penerbit: Mutiara Sumber Widya
● Binding: Hard cover
● Kertas, Isi: HVS, xxx + 268 hlm
● Ukuran: 160 x 240 mm
● Berat: 600 gr
● Tahun: 2003
● ISBN: 979-9331-34-3
● Judul: Mr H St Moh Rasjid Perintis Kemerdekaan

Keterangan

Buku - Mr H St Moh Rasjid Perintis Kemerdekaan, Pejuang Tangguh, Berani dan Jujur - ini berisi sejarah hidup dan perjuangan Mr. H Sutan Mohammad Rasjid, Tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk membantu memperbaiki tujuan perjalanan kemerdekaan Indonesia yang beberapa kali sudah salah kaprahyang nyaris membawa bangsa dan negara ke jurang kehancuran.

Mr. H Sutan Mohammad Rasjid adalah seorang pejuang yang berpendirian teguh. Sebagai ahli hukum, Rasjid selalu berpihak kepada penegakan hukum dan keadilan.

Pada tanggal 3 Maret 1947 terjadi pemberontakan yang digerakkan oleh beberapa tokoh dari partai Islam tertentu. Mereka menuduh pemerintah tidak memperhatikan barisan2 yang berada di bawah naungan partai politik tersebut. Akan tetapi, pemberontakan itu dapat ditumpas dalam waktu satu malam. Senjata mereka dilucuti. Komandan Divisi IX Ismael Lengah menghendaki agar para pemimpin pemberontak yang dijatuhi hukuman lapangan. Rasjid menghendaki para pemimpin pemberontak itu diadili oleh Mahkamah Militer. Dan pengadilan itu segera dilaksanakan. Kemudian, Rasjid memberikan pengampunan kepada mereka dengan perjanjian bahwa mereka tidak akan mengulangi lagi kesalahan yang sama. Keadaanpun segera menjadi damai. Prinsipnya hukum ditegakkan, keadilan dijalankan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fathur Rahman li Thalibi Ayatil-Qur'an

Sebuah Perjalanan--BPu

Kungkung si Katak Kecil--BPu