Fikih Wanita


Judul Fikih Wanita
Penulis Khalid Abdurrahman Al-Ikk
Penerbit Pustaka Nuun
Harga yang dilarang : Rp. 65.000
yang diwajibkan : Rp. 85.000
Rabat 20 %
Penjilidan Hard Cover
Kertas HVS
Halaman yang dilarang : xx + 60
yang diwajibkan : 530
Ukuran 24 x 16 cm
Edisi


Deskripsi :

Wanita dalam kaca mata Islam memiliki kedudukan yang tinggi. Kemuliaan wanita dengan kedudukan tinggi ini begitu dijaga oleh Islam. Allah dan Rasul-Nya senantiasa memberikan we-jangan kepada kaum muslimin untuk selalu memperlakukan wa-nita dengan sebaik-baiknya. Islam tidak pernah membiarkan ke-hormatan wanita dirusak oleh apapun atau siapapun, bahkan ketika yang melakukannya adalah wanita itu sendiri.

Firman Allah, “Dan janganlah engkau mendekati zina. Sesung-guhnya zina itu perbuatan yang buruk, tercela dan jalan yang sesat,” yang ditujukan untuk laki-laki dan perempuan, adalah bukti bah-wa Allah menjaga kehormatan kedua jenis kelamin. Sebab, zina adalah sarana perusakan kehormatan keduanya.
Dalam konteks yang lain, Rasulullah saw. pernah mewasiat-kan agar kaum muslimin senantiasa memperlakukan kaum wani-ta dengan sebaik-baiknya. Bahkan untuk mengajak kaum wanita kepada kebaikan, Rasulullah memberikan acuan psikologis bah-wa wanita itu laksana tulang rusuk yang bengkok, yang tidak mudah diluruskan. Oleh sebab itu, kesabaran dan ketekunan kaum pria sangat diharapkan dan dibutuhkan. Bukan dengan tin-dakan kekerasan sebagaimana yang sering terjadi dalam rumah tangga.

Namun tidak lantas hadis ini dipahami sebagai justifikasi bahwa wanitalah yang perlu diluruskan dan bukannya pria. Sebaliknya, kedua jenis kelamin perlu saling mengingatkan dan me-luruskan satu sama lain.

Buku ini menuturkan banyak ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi yang berkenaan dengan rambu-rambu agama yang berkaitan de-ngan fikih wanita. Sang penulis sengaja menyampaikan ayat-ayat dan hadis-hadis tersebut secara ensiklopedis dengan maksud agar para wanita dapat langsung merujuk kepada sumber asli ajaran agama. Dengan lebih banyak dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis yang dipaparkan, seorang muslimah diharapkan dapat lebih menghayati pesan-pesan agama dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Dan sebagaimana Allah menjaga kehormatan laki-laki dan perempuan, buku ini layak dibaca siapa saja, baik laki-laki mau-pun perempuan, yang ingin memahami wejangan-wejangan dan nasihat-nasihat Allah dan Rasul-Nya. Semoga buku ini dapat menjadi kontribusi bagi terciptanya Indonesia yang baldatun thay-yibatun wa Rabbun ghafur, sebuah negeri yang baik dan senantiasa dalam ampunan dan kasih sayang Allah swt.

Selamat membaca!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fathur Rahman li Thalibi Ayatil-Qur'an

Sebuah Perjalanan--BPu

Kungkung si Katak Kecil--BPu